Ucapan Jazakallah Khairan, Arti, Jawaban dan Keutamaannya


Mungkin Anda sering mendengar ucapan jazakallah khairan. Apa artinya, keutamaannya dan bagaimana jawaban atau balasannya?

Patut kita syukuri bahwa kini syiar Islam semakin meningkat di Indonesia. Termasuk penggunaaan istilah islami dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya di kalangan santri dan aktifis dakwah, bahkan juga di kalangan selebritis dan tokoh publik.

Salah satunya adalah ucapan-ucapan barakallah, jazakallah khairan dan sebagainya. Jika dulu ucapan-ucapan itu asing terdengar, alhamdulillah saat ini lebih familiar. Apalagi ketika disosialisasikan oleh artis-artis yang hijrah. Penyebarannya menjadi lebih masif.


Arti Jazakallah Khairan

Apa arti jazakallah khairan? Jazakallah khairan (جزاك الله خيرا) terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair. Jazakallah artinya adalah “semoga Allah membalasmu.” Karena Za’-nya panjang, mestinya ditulis jazaakallah. Namun karena sudah umum, tidak masalah ditulis latin demikian yang penting tulisan Arabnya benar.

Khair atau khairan artinya adalah kebaikan. Sehingga jazakallah khairan artinya adalah “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.” Inilah ucapan yang benar dan lengkap. Kadang-kadang kita hanya mendengar ucapan jazakallah sehingga artinya tidak pas karena tidak lengkap.

Ucapan ini untuk laki-laki. Sedangkan untuk perempuan, ucapan yang benar adalah jazakillah khairan. Sedangkan untuk banyak orang (jamak), ucapan yang benar adalah jazakumullah khairan.

Ucapan-ucapan tersebut disunnahkan Rasulullah untuk menyampaikan terima kasih dan mendoakan orang yang telah berbuat baik kepada kita. Entah orang itu menolong, membantu, atau memberikan sesuatu kepada kita.

Pengunaan yang Benar

Ada sejumlah hal yang kurang tepat terkait penggunaan ucapan ini di masyarakat. Seperti disinggung di atas, kadang hanya diucapkan jazakallah atau jazakillah. Meskipun tidak sepenuhnya salah, namun artinya menjadi tidak lengkap karena hanya berarti “semoga Allah membalasmu.”

Selain itu, kadang tertukar penggunaannya. Karena terbiasa mengucapkan jazakillah, seorang akhwat selalu menggunakan ucapan itu meskipun yang diajak bicara adalah ikwan. Demikian pula sebaliknya.

Jazakallah khairan

Ucapan ini diucapkan kepada seorang laki-laki (ikhwan) yang telah berbuat baik kepada kita. Tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

(jazaakalloohu khoiro)

Artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan

Jazakillah khairan

Ucapan ini diucapkan kepada seorang perempuan (akhwat) yang telah berbuat baik kepada kita. Tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

(jazaakillaahu khoiro)

Artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan

Jazakumullah khairan

Ucapan ini diucapkan kepada orang banyak yang telah berbuat baik kepada kita. Tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

(jazaakumulloohu khoiro)

Artinya: Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan

Keutamaannya

Islam tidak hanya mengajarkan manusia membangun hubungan baik dengan Allah sang Maha Pencipta, tetapi juga mengajarkan untuk membangun hubungan baik dengan sesama manusia.

Salah satu bentuk hubungan baik kepada sesama manusia adalah berterima kasih ketika mendapatkan pemberian atau perlakuan baik dari orang lain. Menyampaikan terima kasih kepada sesama manusia atas kebaikannya bahkan merupakan indikator apakah seseorang bisa bersyukur kepada Allah atau tidak atas nikmat-nikmat dariNya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; shahih)

Berbeda dengan ucapan terima kasih lainnya, ucapan jazakallah khairan, jazakillah khairan dan jazakumullah khairan memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut:

Terima kasih terbaik

Dibandingkan dengan ucapan “terima kasih”, “syukran”, “thank you” dan lainnya, ucapan jazakallah khairan adalah yang terbaik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

“Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “shahih”)

Sunnah Rasulullah

Ucapan terima kasih dengan jazakallah khairan adalah sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau mengajarkan ucapan ini dan para sahabat juga mengamalkannya.

إِذَا قَالَ الرَّجُلُ لأَخِيهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

Jika seseorang berkata kepada saudaranya “jazaakallah khairan” (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Thabrani, Al Albani berkata: “shahih li ghairihi”)

Ucapan Doa

Rasulullah mengajarkan, ketika mendapat kebaikan atau hadiah dari orang lain, hendaklah kita membalasnya dengan kebaikan dan hadiah pula. Namun jika belum bisa, minimal dengan ucapan terima kasih dan mendoakannya.

Ucapan jazakallah khairan, jazakillah khairan dan jazakumullah khairan merupakan ucapan terima kasih sekaligus doa untuk orang yang telah memberi hadiah dan kebaikan untuk kita.

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

“Dan barangsiapa yang berbuat kepada kalian maka balaslah. Jika ia tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah ia, sampai kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud)

Mendapat doa

Ketika kita berterima kasih dengan cara mengucapkan doa ini, maka kita pun akan mendapatkan jawaban dengan didoakan kembali. Kalaupun tidak dijawab oleh orang tersebut, malaikat yang akan menjawabnya dengan mendoakan kita.

Jawaban Jazakallah Khairan

Bagaimana jawaban atau balasan jika kita mendapat ucapan jazakallah khairan dan sejenisnya?

Karena ini doa, kita bisa menjawab dengan mengaminkan doa tersebut. Misalnya “aamiin” atau “aamiin ya Rabb.” Kadang pula dijawab dengan “afwan” yang merupakan jawaban dari “syukran”.

Namun yang lebih utama adalah membalas dengan mendoakannya pula. Tidak hanya mengaminkan doanya. Sering kali, jawaban dalam bentuk mendoakan ini dengan ucapan “waiyakum” yang artinya “dan demikian pula bagimu.” Namun ini umum dan ada yang lebih baik lagi, yakni yang kita dapatkan dari hadits.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, ketika Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah dengan jazakallah khairan, Rasulullah menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.”

Jadi, balasan jazakallah khairan yang dicontohkan Rasulullah adalah:

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

(fa jazaakalloohu khoiro)

Artinya: Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan

jawaban jazakallah
Ucapan di atas sebagai jawaban jika yang mengucapkan jazakallah khairan adalah laki-laki. Sedangkan untuk perempuan, jawaban untuknya adalah:

فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

(fa jazaakillaahu khoiro)

Artinya: Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan

Adapu jika yang menyampaikan ucapan terima kasih itu orang banyak atau mewakili orang banyak, jawaban untuk mereka adalah:

فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

(fa jazaakumulloohu khoiro)

Artinya: Semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan

Kata fa (فَ) pada jawaban di atas juga boleh diganti dengan wa (وَ). Hal itu tidak mengubah makna dan tujuan dari jawaban tersebut.

Demikian arti jazakallah khairan, bagaimana jawaban dan juga apa saja keutamaan ucapan tersebut. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber Artikel: Bersamadakwah.net



Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apa itu Aliran Khawarij? Berikut Sejarah Penyimpanganya.

A. Pengertian Khawarij Khawarij berasal dari kata kharaja ( خَرَجَ ) yang artinya keluar. Sebagian besar peneliti sejarah Islam mendefinisikan Khawarij sebagai kelompok yang kelu

29/03/2024 13:53 - Oleh Administrator - Dilihat 439 kali
INVESTASI AKHIRAT ! Wakaf Pendidikan untuk Penuntut Ilmu !

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ

12/12/2022 12:19 - Oleh Administrator - Dilihat 951 kali
Munafik (Part 2 Final): Sikap Rasul Menghadapi Orang Munafik

Sikap Rasul Menghadapi Orang Munafik - Tokoh munafik yang terkenal di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah Abdullah bin Ubay bin Salul. Ia adalah seorang pemimp

13/09/2021 17:33 - Oleh Administrator - Dilihat 6571 kali
Pengertian Munafik dan 10 Sifatnya dalam Al-Quran [Part 1]

Pengertian Munafik dan 10 Sifatnya dalam Al-Quran [Part 1] - Kata “munafik” berasal dari kata “nifaq” artinya menampakkan kebaikan dan menyembunyi

13/09/2021 17:30 - Oleh Administrator - Dilihat 13216 kali
Sikap dan Pandangan Islam Terhadap Hukum Karma

Dalam Al-Mausu’ah al-Muyassarah dijelaskan sebagai berikut:   الكارما – عند الهندوس – : قانون الجزاء ، أي أن نظام

13/09/2021 17:17 - Oleh Administrator - Dilihat 5124 kali
Jangan Menilai Hati Orang Lain, Itu Urusan Allah!

Jangan Menilai Hati Orang Lain, Itu Urusan Allah! Ajaran Islam memberikan dampak yang sangat signifikan kepada setiap pemeluknya. Dampak tersebut mencakup hati (akidah) dan juga perbua

12/09/2021 20:17 - Oleh Administrator - Dilihat 421 kali
Apa itu Ar Ribath?

Apa itu Ar Ribath? - Kata "ribath" berasal dari kata "rabatha" ( رَبَطَ ), "rabithah" ( رَبِطَة ) atau "murabathah" ( مُرَابَطَة ) yang artinya "mengikat", "

11/09/2021 17:51 - Oleh Administrator - Dilihat 277 kali
Apakah Sedekah dapat Mencegah Kematian yang buruk? simak selengkapnya!

Apakah Sedekah dapat Mencegah Kematian yang buruk? simak selengkapnya! - Shadaqah atau sedekah adalah memberikan sebagian harta dengan mengharap ridha dari Allah sebagai

29/08/2021 04:35 - Oleh Administrator - Dilihat 845 kali
Apa Itu Taubat Nasuha?, dan Kapan Batas diterimanya Taubat? Yuk Kita Bahas!

Taubat Nasuha Adalah Sebenar-benarnya taubat dan hapuskan dosa - Beberapa waktu lalu kami telah menulis artikel tentang keutamaan istighfar yang dapat membuka pintu rezeki. Pada ke

26/08/2021 19:55 - Oleh Administrator - Dilihat 112 kali
Kisah Rasulullah dengan Seorang Dukun yang Masuk Islam

Kisah Rasulullah dengan Seorang Dukun yang Masuk Islam - Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam adalah sosok mulia yang telah melewati banyak perjuangan, pahit dan manisnya berdakwah me

01/07/2021 22:15 - Oleh Administrator - Dilihat 249 kali

Welcome to SD Islam Terpadu Terbaik di Pekanbaru

SDIT Insan Teladan Islamic Elementary School Pekanbaru

SDIT Insan Teladan merupakan sekolah dasar islam terpadu pekanbaru yang menggabungkan kurikulum nasional dana kurikulum sekolah islam terpadu pekanbaru, dimana SDIT Insan teladan merupakan instansi pendidikan yang menyediakan paket lengkap (keterpaduan) antara pendidikan dasar dan pendidikan agama.